Upaya Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Melalui Pembelajaran Sains Pada Kelompok A Di TK Aisyiyah Reksoniten Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014

Munjayanah, Munjayanah and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd and , Sri Slamet S,Pd., M.Pd. (2014) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Melalui Pembelajaran Sains Pada Kelompok A Di TK Aisyiyah Reksoniten Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (341kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (252kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika anak melalui pembelajaran sains pada kelompok A di TK Aisyiyah Reksoniten Surakarta. Penelitian ini dirancang dengan penelitian tindakan kelas (PTK) yang pada setiap siklusnya terdiri dari “perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing ) dan refleksi (reflecting)”. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data penerapan pembelajaran sains dikumpulkan melalui observasi. Sedangkan data mengenai kecerdasan logika matematika anak dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan catatan lapangan. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Aisyiyah Reksoniten Sur akarta yang berjumlah 14 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kecerdasan logika matematika anak melalui pembelajaran sains. Berdasarkan hasil penelitian tindakan yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kecerdasan logika matematika anak dengan penerapan pembelajaran sains sebelum tindakan sampai siklus II. Hal ini dapat dilihat dari prosentase rata -rata hasil pembelajaran sains anak dalam satu kelas sebelum tindakan adalah 40,17%, siklus I mencapai 62, 05% dan siklus II mencapai 81,69%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran sains dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika anak kelompok A di TK Aisyiyah Reksoniten Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan logika matematika, pembelajaran sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Apr 2014 12:13
Last Modified: 19 Oct 2021 03:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28844

Actions (login required)

View Item View Item