Munjayanah, Munjayanah and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd and , Sri Slamet S,Pd., M.Pd. (2014) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Melalui Pembelajaran Sains Pada Kelompok A Di TK Aisyiyah Reksoniten Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (341kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (252kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika anak melalui pembelajaran sains pada kelompok A di TK Aisyiyah Reksoniten Surakarta. Penelitian ini dirancang dengan penelitian tindakan kelas (PTK) yang pada setiap siklusnya terdiri dari “perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing ) dan refleksi (reflecting)”. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data penerapan pembelajaran sains dikumpulkan melalui observasi. Sedangkan data mengenai kecerdasan logika matematika anak dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan catatan lapangan. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Aisyiyah Reksoniten Sur akarta yang berjumlah 14 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kecerdasan logika matematika anak melalui pembelajaran sains. Berdasarkan hasil penelitian tindakan yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kecerdasan logika matematika anak dengan penerapan pembelajaran sains sebelum tindakan sampai siklus II. Hal ini dapat dilihat dari prosentase rata -rata hasil pembelajaran sains anak dalam satu kelas sebelum tindakan adalah 40,17%, siklus I mencapai 62, 05% dan siklus II mencapai 81,69%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran sains dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika anak kelompok A di TK Aisyiyah Reksoniten Surakarta.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan logika matematika, pembelajaran sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 30 Apr 2014 12:13 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 03:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28844 |
Actions (login required)
View Item |