Korelasi Antara Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas V Di SD N Bratan 1 Tahun Ajaran 2013 / 2014

Megawati, Ambar and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2014) Korelasi Antara Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas V Di SD N Bratan 1 Tahun Ajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.bab_1.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
4.bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab III)
5.bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img] PDF (Bab V)
7.bAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA_fix.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN_NEW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11.naskah_publikasi_fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) data empirik di lapangan tentang korelasi antara ekstrakurikuler pramuka terhadap kedisiplinan belajar pada siswa kelas V di SDN Bratan 1 (2) ada hubungan antara ekstrakurikuler pramuka dengan kedisiplinan belajarpada siswa kelas V SDN Bratan 1 ditinjau dari hasil pengisian angket siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Bratan 1. Teknik pengumpulan data dengan teknik angket, dokumentasi dan observasi. Instrumen diuji dengan menggunakan uji validitas dan uji realibilitas. Sedangkan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas untuk mengetahui apakah data berdistribusi normal atau tidak. Teknikan alisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi Product Moment. Teknik ini digunakan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Hasil analisis data yaitu rxy = 0,598 > r tabel taraf 5% sebesar 0,329 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil analisis menunjukkan ada hubungan positif antara ekstrakurikuler pramuka dengan kedisiplinan belajar pada siswa kelas V di SDN Bratan 1 Tahun Ajaran 2013/2014. Jadi ekstrakurikuler pramuka mempunyai hubungan dengan kedisiplinan belajar pada siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ekstrakurikuler, pramuka, kedisiplinan belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Apr 2014 11:48
Last Modified: 19 Oct 2021 07:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28841

Actions (login required)

View Item View Item