Pengaruh Permainan Origami Terhadap Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Pada Kelompok A Di Tk Pertiwi Bowan Delanggu Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014

Rahmani, Farida Hidiyah and , Dr. Darsinah, M. Si (2014) Pengaruh Permainan Origami Terhadap Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Pada Kelompok A Di Tk Pertiwi Bowan Delanggu Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (945kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (238kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (naskah Publikasi)
02._JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan origami terhadap perkembangan fisik motorik anak usia dini pada kelompok A di TK Pertiwi Bowan Delanggu Klaten tahun ajaran 2013/2014. Metode penelitian ini adalah eksperimen jenis One Group Pretest-Posttest.Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh anak TK Pertiwi Bowan Delanggu Klaten tahun ajaran 2013/2014 umur 4-5tahun yang berjumlah 23 anak. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi dengan instrument penelitian berbentuk rating scale.Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui status perkembangan perkembangan fisik motorik halus anak sebelum dan sesudah diberikan eksperimen menggunakan npermainan origami.Analisis inferensial untuk menguji hipotesis menggunakan uji t dalam program SPSS 18 yaitu Independent Sample T-test.Hasil analisis data pada α = 5% diperolehthitung = -3,81dan ttabel = -2,074 karena thitung < -ttabel = -3,81<- 2,074 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan fisik motorik halus anak setelah diberikan perlakuan menggunakan permainan Origami berpengaruh dari pada perkembangan fisik motorik halus anak sebelum diberikan eksperimen menggunakan Permainan Origami.Kesimpulan penelitian adalah bahwa Permainan Origami berpengaruh terhadap perkembangan fisik motorik halus anak kelompok A di TK Pertiwi Bowan Delanggu Klaten tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: permainan origami, perkembanganfisik motorik halus anak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Sapta Pujianta, S.I.Pust
Date Deposited: 29 Apr 2014 11:45
Last Modified: 19 Oct 2021 02:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28839

Actions (login required)

View Item View Item