Mawarni, Iga and , Dr. Samino, M.M. (2014) Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (Sas) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 SD Negeri Kliwonan 3 Masaran Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
||
PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
PDF (Bab V)
7.BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.PDF Download (18kB) |
|
PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN_NEW.PDF Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11.Naskah_Publikasi_NEW.PDF Download (741kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan dengan menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas I SD N 3 Kliwonan yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yang melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis permulaan yang dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan siswa yang telah mencapai nilai di atas KKM ≥70 pada setiap siklusnya. Sebelum dilaksanakan tindakan (prasiklus) nilai rata –rata kelas 58,66 dengan persentase ketuntasan sebesar 40%, siklus I pertemuan pertama nilai rata-rata kelas 65,33 sebesar 60% dan pertemuan kedua nilai rata-rata kelas 73 dengan persentase ketuntasan sebesar 73,33%, siklus II pertemuan pertama nilai rata-rata kelas 77,66 dengan persentase sebesar 80% dan pertemuan kedua nilai rata-rata kelas 85,66 dengan persentase sebesar 93,33%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode struktural analitik sintetik (SAS) dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas I SD N 3 Kliwonan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SAS, kemampuan, menulis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 29 Apr 2014 10:15 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 07:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28838 |
Actions (login required)
View Item |