Nurwiyati, Dyah and , Dra. Risminawati, M. Pd (2014) Peningkatan Keterampilan Dan Keaktifan Berbicara Melalui Media Pembelajaran Kartu Kuartet Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas 4 SD Negeri 2 Gebang Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (789kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (964kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan keaktifan berbicara melalui media pembelajaran kartu kuartet pada mata pelajaran bahasa Inggris siswa kelas IV SD Negeri 2 Gebang, Kendal. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian yaitu guru mata pelajaran bahasa Inggris dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Gebang, Kendal yang berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yang melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara yang meliputi: 1) Vocabulary (kosakata) sebelum tindakan 33,3% siswa yang terampil, siklus I 75% siswa, siklus II 87,5% siswa, 2) Grammar (tata bahasa) sebelum tindakan 16,6% siswa yang terampil, siklus I 45,8% siswa, siklus II 79,2% siswa, 3) Fluency (kelancaran) sebelum tindakan 20,8% siswa yang terampil, siklus I 41,7% siswa, siklus II 83,3% siswa, 4) Comprehention (pemahaman) sebelum tindakan 29,2% siswa, siklus I 62,5% siswa, siklus II 79,2% siswa, 5) Pronounciation (pengucapan) sebelum tindakan terdapat 20,8% siswa yang terampil, siklus I 45,8% siswa, siklus II 75% siswa. Aspek peningkatan keaktifan berbicara meliputi: 1) Aspek mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 33,3% siswa yang aktif, siklus I 50% siswa, siklus II 79,2% siswa, 2) Aspek mengemukakan pendapat sebelum tindakan 20,8% siswa yang aktif, pada siklus I 33,3% siswa, siklus II 79,2% siswa, 3) Keaktifan siswa dalam diskusi sebelum tindakan 37,5% siswa yang aktif, siklus I 70,8% siswa, siklus II meningkat 83,3% siswa. Rata-rata hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang pada pra siklus rata-rata hasil belajar siswa adalah 60, pada siklus I meningkat menjadi 74, dan pada siklus II meningkat menjadi 88,3. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan media pembelajaran kartu kuartet dapat meningkatkan keterampilan dan keaktifan berbicara pada mata pelajaran bahasa Inggris siswa kelas IV SD Negeri 2 Gebang Kabupaten Kendal tahun ajaran 3013/ 2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran kartu kuartet, keterampilan dan keaktifan berbicara siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 Apr 2014 08:30 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 07:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28829 |
Actions (login required)
View Item |