Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Metode Eksperimen Dengan Penggunaan Alat Peraga Manik-Manik Pada Siswa Kelas IV SD N 2 Cepokosawit Tahun Ajaran 2013 / 2014

Permatasari, Anita and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2014) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Metode Eksperimen Dengan Penggunaan Alat Peraga Manik-Manik Pada Siswa Kelas IV SD N 2 Cepokosawit Tahun Ajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASIpdf.pdf

Download (145kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika siswa kelas IV SD N 2 Cepokosawit melalui metode eksperimen dengan alat peraga manik-manik. Penelitian dilatarbelakangi dengan rendahnya kualitas belajar siswa dalam perolehan nilai rata-rata kelas dan perolehan ketuntasan belajar. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yaitu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memecahkan permasalahan pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD N 2 Cepokosawit yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil observasi pra siklus menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat masuk dalam kategori rendah. Setelah diterapkannya metode eksperimen dan penggunaan alat peraga manik-manik menunjukkan peningkatan. Pada waktu sebelum tindakan siswa yang dikatakan tuntas hanya 8 siswa ( 57,14 %), pada siklus I siswa yang dikatakan tuntas sebanyak 9 siswa ( 64,28 %) dan pada siklus II sebanyak 11 siswa ( 78,57 %). Nilai rata-rata kelas juga menunjukkan kualitas peningkatan yaitu sebelum dilakukan tindakan nilai rata-rata kelas adalah 63 dan siswa yang memperoleh nilai di atas rata-rata sebanyak 8 siswa (57,14%), setelah diadakan siklus I nilai rata-rata kelas adalah 67,8 dan siswa yang memperoleh nilai di atas rata-rata sebanyak 9 siswa (64,28%), dan pada siklus II nilai rata-rata kelas 73 dan siswa yang memperoleh nilai di atas rata-rata sebanyak 10 siswa (71,4%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Eksperimen, Alat Peraga Manik-Manik, Kualitas Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Apr 2014 08:28
Last Modified: 19 Oct 2021 07:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28824

Actions (login required)

View Item View Item