Sari, Rinda Astika and , Dr. Samino, M.M. (2014) Peningkatan Kemampuan Mengarang Melalui Penerapan Pendekatan Integratif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 02 Udanwuh Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (963kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._JURNAL_PUBLIKASI.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengarang pada siswa kelas V SD Negeri 02 Udanwuh Kaliwungu Semarang tahun ajaran 2013 / 2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus melalui empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru sebagai peneliti dan siswa kelas V SD Negeri 02 Udanwuh Kaliwungu Semarang yang berjumlah 20 siswa . Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes untuk mengukur kemampuan mengarang siswa, dan dokumentasi. Variabel yang menjadi sasaran peneliti adalah kemampuan mengarang siswa.Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan ada adanya peningkatan kemampuan mengarang siswa setelah diadakan tindakan kelas dengan penerapan pendekatan integratif. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata – rata kemampuan mengarang siswa sebelum dan sesudah tindakan yaitu pada saat sebelum tindakan nilai rata-rata siswa 67,75 pada siklus I meningkat menjadi 73,15 dan disiklus II menjadi 76,35. Selain itu siswa yang dapat mengarang dengan baik dan benar meningkat dari 6 siswa atau (30%) di kondisi awal menjadi 14 siswa atau ( 70 % ) di siklus I dan 18 siswa atau ( 90 % ) disiklus II. Dengan demikian dapat diketahuai bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dengan penerapan pendekatan integratif dapat meningkatkan kemampuan mengarang siswa kelas V SD Negeri 02 Udanwuh tahun pelajaran 2013 / 2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan, integratif, mengarang, kemampuan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Apr 2014 07:57 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 06:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28821 |
Actions (login required)
View Item |