Mochlas, Anggraeni Adi and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2014) Penerapan Media Gambar Berkata Kunci Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Pelem Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (102kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (503kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (54kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (564kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan serta meningkatkan nilai hasil mengarang pada siswa kelas IV SD Negeri 4 Pelem Kecamatan Gabus Kabupaten Grobogan melalui penerapan media gambar berkata kunci. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 4 Pelem Kabupaten Grobogan yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 14 siswa laiki-laki dan 10 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah pembelajaran Bahasa Indonesia dengan penerapan media gambar berkata kunci untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan pada siswa kelas IV SD Negeri 4 Pelem Kabupaten Grobogan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan siswa dalam menulis karangan dan meningkatnya nilai hasil mengarang siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Indikator pencapaian peningkatan keterampilan menulis karangan pada siswa yaitu sekurang-kurangnya 75% siswa harus terampil dalam menulis karangan yang meliputi terampil menulis isi karangan, mengorganisasikan isi karangan, penguasaan tata bahasa, terampil memilih kosakata, terampil penggunaan ejaan dan tanda baca yang tepat. iswa dapat dikatakan terampil menulis karangan apabila mencapai nilai ≥ KKM yaitu ≥ 65. Hasil ini dapat dilihat pada siklus II keterampilan siswa dalam menulis karangan mengalami peningkatan yang sangat drastis dan hal ini mempengaruhi nilai hasil mengarang siswa yang ikut meningkat. Pada pertemuan pertama ratarata keterampilan menulis karangan siswa yaitu 73,33% dan 17 siswa mencapai nilai KKM. Pertemuan kedua rata-rata keterampilan menulis karangan siswa yaitu 85,83% dan 21 siswa mencapai nilai KKM. Dapat disimpulkan bahwa penerapan media Gambar Berkata Kunci dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan pada siswa dan meningkatkan nilai hasil mengarang siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media gambar, Berkata Kunci, Keterampilan menulis karangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Apr 2014 07:11 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 06:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28817 |
Actions (login required)
View Item |