Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Pada Siswa Kelas V MI Muhammadiyah Ngasem Kecamata Colomadu Tahun Pelajaran 2013/2014

Astuti, Dwi and , Minsih, S.Ag., M.Pd (2014) Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Pada Siswa Kelas V MI Muhammadiyah Ngasem Kecamata Colomadu Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (771kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (199kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (633kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Matematika melalui strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) siswa kelas V MI Muhammadiyah Ngasem. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V. Obyek penelitian adalah motivasi belajar dan strategi pembelajaran Think-Talk- Write (TTW). Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masingmasing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi, pedoman wawancara, tes, pedoman pengkajian data dokumen. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari tiga komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Indikator keberhasilan yaitu pencapaian 75% pada masingmasing indikator. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar Matematika. 1) kesiapan siswa mengikuti pembelajaran siklus I 67,2% siklus II 80,4% 2) keaktifan siswa dalam diskusi dengan teman siklus I 65,2% siklus II 82,6% 3) kesanggupan siswa mengerjakan soal siklus I 58,7% siklus II 84,8% 4) keberanian mengajukan pertanyaan siklus I 50% siklus II 79,2%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penerapan strategi pembelajaran Think- Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan motivasi belajar Matematika siswa kelas V MI Muhammadiyah Ngasem Kecamatan Colomadu Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, strategi penbelajaran Think-Talk-Write (TTW)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Apr 2014 06:45
Last Modified: 19 Oct 2021 06:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28814

Actions (login required)

View Item View Item