Haryuda, Laksana and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd (2014) Penerapan Strategi Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Lobang 02 Limpung Batang Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
3._Halaman_Depan.pdf Download (380kB) |
|
|
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf Download (173kB) |
|
PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) |
||
PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
||
PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (689kB) |
||
PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
9._Daftar_Pustaka.pdf Download (182kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
2._Naskah_Publikasi.pdf Download (345kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif melalui penerapan strategi Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas IV SD Negeri Lobang 02 dengan jumlah siswa sebanyak 12 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif komparatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, beberan (display) data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca intensif siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang didukung dan dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari keterampilan membaca intensif siswa pada pra siklus yang menunjukkan bahwa dari jumlah seluruh siswa kelas IV sebanyak 12 siswa, siswa yang memiliki keterampilan membaca intensif dengan keterangan tinggi sebanyak 3 siswa (25.00%), pada siklus I sebanyak 6 siswa (50.00%), pada siklus II sebanyak 9 siswa (75.00%), dan pada siklus III sebanyak 11 siswa (91.67%). Hasil belajar siswa sebagai data pendukung meningkatnya keterampilan membaca intensif siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran pada pra siklus yang menunjukkan bahwa dari jumlah seluruh siswa kelas IV sebanyak 12 siswa, siswa yang berhasil mencapai KKM (≥70) sebanyak 4 siswa (33.33%), pada siklus I sebanyak 8 siswa (66.67%), pada siklus II sebanyak 10 siswa (83.33%), dan ada siklus III sebanyak 12 siswa (100%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Lobang 02 Kecamatan Limpung Kabupaten Batang tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan, Membaca, Intensif, CIRC |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 24 Apr 2014 09:12 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 06:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28784 |
Actions (login required)
View Item |