Puspitasari, Dina and , Drs. Mulyadi Sri Kamulyan, M.Pd (2014) Studi Komparasi Strategi Pembelajaran Cartoon Card Dengan Course Review Horay Terhadap Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 3 SD Negeri Kleco 1 No.7 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf Download (180kB) |
|
PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (708kB) |
||
PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (395kB) |
||
PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (773kB) |
||
PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
9._Daftar_Pustaka.pdf Download (228kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (722kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan motivasi belajar Matematika antara penerapan strategi pembelajaran Cartoon Card dengan Course Review Horay pada siswa kelas 3 SD Negeri Kleco 1 No.7 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014, 2) strategi mana yang lebih besar pengaruhnya terhadap motivasi belajar Matematika antara strategi pembelajaran Cartoon Card dengan Course Review Horay pada siswa kelas III SD Negeri Kleco 1 No.7 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Kleco 1 No.7 Surakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang diambil adalah siswa kelas 3.1 dan 3.2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t yang sebelumnya dilakukan analisis prasyarat menggunakan uji normalitas. Hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh: 1) tidak terdapat perbedaan motivasi belajar Matematika antara penerapan strategi pembelajaran Cartoon Card dengan Course Review Horay pada siswa kelas 3 SD Negeri Kleco 1 No.7 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014 yang dibuktikan dengan thitung < ttabel, yaitu 0,78 < 2,301 dan nilai probabilitas 0,938 > 0,05, 2) strategi pembelajaran Cartoon Card setara pengaruhnya dengan Course Review Horay terhadap motivasi belajar Matematika pada siswa kelas 3 SD Negeri Kleco 1 No.7 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014 dan dibuktikan dengan skor rata-rata motivasi belajar Matematika kelas 3.1 yang tidak berbeda secara signifikan dengan kelas 3.2, yaitu adalah 91,80 – 91,60 = 0,20.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cartoon Card, Course Review Horay, motivasi belajar Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 24 Apr 2014 08:13 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 06:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28780 |
Actions (login required)
View Item |