Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif Melalui Strategi Know-Want To Know-Learned (KWL) Pada Siswa Kelas III MI Muhammadiyah Ngasem Tahun Pelajaran 2013/2014

Apriliawati, Fitri and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2014) Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif Melalui Strategi Know-Want To Know-Learned (KWL) Pada Siswa Kelas III MI Muhammadiyah Ngasem Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (647kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (157kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (904kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif pada siswa kelas III MI Muhammadiyah Ngasem melalui penerapan strategi Know-Want to Know-Learned (KWL). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III MI Muhammadiyah Ngasem tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 28 siswa. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu merupakan suatu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memecahkan masalah yang muncul pada saat proses pembelajran di kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil observasi menunjukkan bahwa pada pelaksanaan pra siklus diperoleh hasil keterampilan membaca intensif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia terbilang rendah. Siswa yang tuntas hanya 12 siswa atau sebesar 42,86% dari nilai KKM (>70) yang ditentukan. Setelah diterapkan strategi Know-Want to Know-Learned (KWL) pada siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan yang signifikan. Pada siklus I siswa yang mampu mencapai KKMsebanyak 20 siswa atau sebesar 71,43% dan pada siklus II sebanyak 24 siswa atau sebesar 85,71%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyimpulkan pembelajaran melalui penerapan strategi Know-Want to Know-Learned (KWL) dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa kelas I II MI Muhammadiyah Ngasem tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan, membaca, intensif, strategi, Know-Want to Know--Learned (KWL).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Apr 2014 07:50
Last Modified: 19 Oct 2021 06:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28778

Actions (login required)

View Item View Item