Nurfidasari, Alisa Dinar and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2014) Penerapan Inside-Outside Circle Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas V SD Negeri Jakenan Pati. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (693kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (81kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (507kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (94kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (618kB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri Jakenan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan strategi pembelajaran Inside-Outside Circle. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah guru dan siswa kelas V. Objek dalam penelitian ini adalah keterampilan berbicara dan strategi Inside-Outside Circle. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa, hal ini dibuktikan bahwa siswa yang mempunyai keterampilan berbicara rendah sebanyak 4 siswa (20%). Siswa yang memiliki keterampilan berbicara tinggi sebanyak 16 siswa (80%). Ketepatan ucapan siswa dalam menyampaikan kata sebanyak 17 siswa (85%). Ketepatan siswa dalam memilih kata-kata sebanyak 16 siswa (80%). Kelancaran siswa berbicara di depan kelas sebanyak 16 siswa (80%). Kesesuaian dengan materi sebanyak 18 siswa (90%). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah strategi Inside-Outside Circle dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri Jakenan Pati.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Inside-Outside Circle, keterampilan berbicara siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Apr 2014 09:43 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 05:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28754 |
Actions (login required)
View Item |