Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Realistics Mathematics Education (RME) Dengan Media Bahan Manipulatif Pada Materi Pecahan Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 03 Popongan Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014

Rahayu, Sari and , Minsih, S.Ag., M.Pd (2014) Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Realistics Mathematics Education (RME) Dengan Media Bahan Manipulatif Pada Materi Pecahan Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 03 Popongan Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (5MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (736kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (385kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar matematika melalui metode pembelajaran Realistics Mathematics Education (RME) dengan menggunakan media bahan manipulatif pada siswa kelas V SD N 03 Popongan Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas V SD Negeri 03 Popongan sejumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dengan media bahan manipulatif dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas V SD N 03 Popongan Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014. Sesuai indikator motivasi belajar ditunjukkan bahwa secara klasikal, persentase motivasi belajar siswa sudah meningkat, pada pra siklus sebesar 23,74%, siklus I sebesar 50,51% dan pada siklus II menjadi 89,1%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar siswa, Realistics Mathematics Education (RME), media bahan manipulatif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Apr 2014 09:02
Last Modified: 19 Oct 2021 05:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28750

Actions (login required)

View Item View Item