Peningkatan Motivasi Belajar IPS Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Pada Siswa Kelas IV MIM I Watukelir Tahun Ajaran 2013/2014

Trisnawati, Diana Paramita and , Dra. Risminawati, M.Pd (2014) Peningkatan Motivasi Belajar IPS Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Pada Siswa Kelas IV MIM I Watukelir Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I_PENDAHULUAN.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab III)
5.Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB_V_new.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.Daftar_Pustaka.PDF

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (700kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar IPS siswa melalui strategi pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas IV MIM Watukelir tahun ajaran2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklusnya dua kali pertemuan. Setiap pertemuan dalam setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV MIM Watukelir yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisa deskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian dapat diketahui bahwa penerapan strategi pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan motivasi belajar IPS pada siswa kelas IV MIM Watukelir tahun ajaran2013/2014. Hal ini dapat dilihat dari prosentase motivasi belajar siswa pada saat pra siklus sebesar 58,44%, pada siklus 1 sebesar 60,53%, lalu pada siklus 2 sebesar 84,21%. Hasil belajar siswa juga meningkat pada setiap siklusnya, terbukti pada kondisi awal sebelum dilakukan tindakan sebesar 26,31% yang mencapai KKM, pada siklus 1 hasil belajar siswa mencapai 73,68%, sedangkan pada siklus 2 mencapai 89,47%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) pada pembelajaran IPS kelas IV dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa yang berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa kelas IV MIM Watukelir tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi, strategi, Student Teams-Achievement Divisions (STAD), IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Apr 2014 08:33
Last Modified: 19 Oct 2021 05:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28748

Actions (login required)

View Item View Item