Trisnawati, Diana Paramita and , Dra. Risminawati, M.Pd (2014) Peningkatan Motivasi Belajar IPS Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Pada Siswa Kelas IV MIM I Watukelir Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
3.BAB_I_PENDAHULUAN.pdf Download (34kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
PDF (Bab III)
5.Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (479kB) |
||
PDF (Bab V)
7.BAB_V_new.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8.Daftar_Pustaka.PDF Download (19kB) |
|
PDF (Lampiran)
9.Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11.NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (700kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar IPS siswa melalui strategi pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas IV MIM Watukelir tahun ajaran2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklusnya dua kali pertemuan. Setiap pertemuan dalam setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV MIM Watukelir yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisa deskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian dapat diketahui bahwa penerapan strategi pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan motivasi belajar IPS pada siswa kelas IV MIM Watukelir tahun ajaran2013/2014. Hal ini dapat dilihat dari prosentase motivasi belajar siswa pada saat pra siklus sebesar 58,44%, pada siklus 1 sebesar 60,53%, lalu pada siklus 2 sebesar 84,21%. Hasil belajar siswa juga meningkat pada setiap siklusnya, terbukti pada kondisi awal sebelum dilakukan tindakan sebesar 26,31% yang mencapai KKM, pada siklus 1 hasil belajar siswa mencapai 73,68%, sedangkan pada siklus 2 mencapai 89,47%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) pada pembelajaran IPS kelas IV dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa yang berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa kelas IV MIM Watukelir tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi, strategi, Student Teams-Achievement Divisions (STAD), IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Apr 2014 08:33 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 05:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28748 |
Actions (login required)
View Item |