Retnaningsih, Wahyu Sekti and , Drs. Djumadi, M.Kes (2014) Perbandingan Model Pembelajaran Picture And Picture Dan Reciprocal Teaching Dengan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Biologi Pokok Bahasan Sel Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (335kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (313kB) |
Abstract
Model pembelajaran biologi yang diterapkan di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta menggunakan model ceramah. Inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa biologi yaitu model pembelajaran picture and picture dan reciprocal teaching. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi yang diberi model pembelajaran picture and picture dan reciprocal teaching . Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen pendidikan kuantitatif, yaitu perbandingan dua model pembelajaran dan satu kelas kontrol. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, homogenitas dan hipotesis (Anova satu jalur). Hasil pengujian hipotesis menggunakan a = 5% menunjukkan Fhitung = (24,842) dengan Ftabel (2,710). Diperoleh dari nilai tabel F pada taraf signifikan 5% dengan (df=3,86) yaitu sebesar 2,710. Oleh karena F hitung 24,842 > 2,710 Ftabel maka Ho ditolak, yang berarti diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga kelas kelompok pembelajaran biologi. Disimpulkan bahwa prestasi belajar biologi dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching (81,7) lebih baik daripada prestasi belajar biologi menggunakan model pembelajaran picture and picture (77,7) dan kontrol (61,0) pada pokok bahasan sel hewan dan tumbuhan yang dilihat dari nilai ratarata test masing-masing kelas pada proses pembelajaran.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar biologi model pembelajaran picture and picture, reciprocal teaching, dan kontrol, uji homogenitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 21 Apr 2014 13:02 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 01:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28738 |
Actions (login required)
View Item |