Martisari, Intan and , Drs. Djumadi, M.Kes (2014) Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Strategi Pembelajaran Inquiry Dan Discovery Dalam Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII Di SMP Penda Tawangmangu Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HalamaN Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (654kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (109kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (99kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (628kB) |
Abstract
Pelajaran Biologi merupakan pelajaran yang mengedepankan kemampuan bekerja secara ilmiah dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan pembelajaran Biologi hendaknya tidak hanya berpusat pada guru, akan tetapi siswa berperan sebagai subjek serta objek pembelajaran. Inquiry merupakan salah satu model pembelajaran yang bertujuan mengembangkan kemampuan berpikir siswa, sedang discovery merupakan strategi yang digunakan untuk memecahkan masalah secara intensif di bawah pengawasan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan strategi pembelajaran inquiry dan discovery dalam mata pelajaran IPA Biologi siswa kelas VIII di SMP Penda Tawangmangu tahun ajaran 2013/2014. Penelitian yang diambil termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen menggunakan analisis non parametrik Kruskal-Wallis. Memberikan perlakuan tiga kelas untuk membandingkan dua strategi pembelajaran yang berbeda. Hasil yang diperoleh adalah nilai rata-rata kognitif tertinggi diperoleh kelas discovery 74,81, kemudian diperoleh kelas kontrol 71,54 dan rata-rata terendah diperoleh kelas inquiry 70,49. Berdasarkan hasil uji hipotesis nilai signifikansi yaitu 0,013 < 0,05, sehingga H0 ditolak maka ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa menggunakan strategi pembelajaran inquiry dan discovery. Hasil belajar afektif mempunyai nilai signifikansi 0,147 > 0,05, sehingga H0 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa menggunakan strategi pembelajaran inquiry dan discovery dalam mata pelajaran IPA BiologI siswa kelas VIII di SMP Penda Tawangmangu tahun ajaran 2013/2014.Perbedaan nyata ada pada hasil kognitif strategi pembelajaran discovery.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, inquiry, discovery |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 21 Apr 2014 09:54 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 23:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28733 |
Actions (login required)
View Item |