Kadar Glukosa Dan Kalsium Yoghurt Biji Keluwih Dengan Penambahan Jenis Pemanis Dan Daun Bayam Merah (Alternanthera amoena Voss) Sebagai Pewarna Alami

Hapsari, Niken Dwi and , Dra. Titik Suryani, M.Sc (2014) Kadar Glukosa Dan Kalsium Yoghurt Biji Keluwih Dengan Penambahan Jenis Pemanis Dan Daun Bayam Merah (Alternanthera amoena Voss) Sebagai Pewarna Alami. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman Depan)
00_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
01_BAB_I.pdf

Download (175kB)
[img] PDF (Bab II)
02_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] PDF (Bab III)
03_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] PDF (Bab IV)
04_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] PDF (Bab V)
05_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
06_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] PDF (Lampiran)
07_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
09_Naskah_Publikasi.pdf

Download (549kB)

Abstract

Yoghurt adalah minuman fermentasi yang dibuat oleh bakteri Streptococcus thermophilus dan Lactobacillus bulgaricus. Penelitian ini menggunakan biji keluwih sebagai bahan dasar yoghurt. Jenis pemanis gula pasir memiliki kandungan sukrosa dan gula stevia memiliki kandungan maltodekstrin, siklodekstrin dan gula stevia yang berasal dari ekstrak daun stevia serta rebaudioside A dengan tingkat kemanisan antara 200-300 kali gula tebu . Bayam merah memiliki pigmen antosianin dan berperan sebagai antioksidan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh antara jenis pemanis dan daun bayam merah sebagai pewarna alami terhadap kadar glukosa dan kalsium serta kualitas yoghurt biji keluwih. Metode penelitian dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) 2 faktor, faktor 1: jenis pemanis yaitu gula pasir 20 g (K1), gula stevia (K2) dan faktor 2 : konsentrasi daun bayam merah yaitu tanpa daun bayam merah (Q0), 5 g (Q1), 10 g (Q2) dan 15 g (Q3), dengan 3 kali ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada interaksi antara jenis pemanis dan daun bayam merah sebagai pewarna alami terhadap kadar glukosa dan kalsium yoghurt biji keluwih. Kadar glukosa dan kalsium tertinggi yoghurt biji keluwih pada kombinasi gula stevia 20 g dan daun bayam merah 15 g sebesar 36,43 g dan 121,93 mg. Kualitas yoghurt terbaik pada kombinasi gula pasir 20 g dan daun bayam merah 15 g dengan karakteristik warna merah keunguan; aroma sedap; rasa asam dan kurang manis; tekstur cukup kental; dan daya terima tinggi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: yoghurt, biji keluwih, gula pasir + gula stevia, daun bayam merah
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Apr 2014 09:47
Last Modified: 17 Oct 2021 23:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28732

Actions (login required)

View Item View Item