Peningkatan Percaya Diri Dan Kemandirian Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) (PTK Pada Siswa Kelas VIIA SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014)

Widiyanti, Yuni Tri and , Masduki, S.Si, M.Si (2014) Peningkatan Percaya Diri Dan Kemandirian Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) (PTK Pada Siswa Kelas VIIA SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (707kB)
[img]
Preview
PDF (HalamaN Depan)
1.Halaman_Depan.pdf

Download (719kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab IV)
5.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan sikap percaya diri dan kemandirian siswa dalam pembelajaranan matematika dengan menerapkan model pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 1 Surakarta yang berjumlah 30 siswa dan subjek pemberi tindakan adalah peneliti yang berkolaborasi dengan guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sikap percaya diri dan kemandirian siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari indikator-indikator percaya diri: 1) keberanian siswa mengemukakan pendapat sebelum tindakan 6,67% setelah dilakukan tindakan50%, 2) keberanian siswa untuk bertanya sebelum tindakan 13,33% setelah dilakukan tindakan 53,33%, 3) keberanian siswa mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 33,33% setelah dilakukan tindakan 66,67%. Selain itu, kemandirian siswa dapat dilihat dari indikator: 1) kemampuan siswa untuk menyelesaikan tugas tanpa bantuan teman sebelum tindakan 43,33% setelah dilakukan tindakan 80%, 2) memiliki rasa tanggung jawab sebelum tindakan 46,67% setelah dilakukan tindakan 80%, 3) perhatian siswa terhadap pelajaran 46,67% setelah dilakukan tindakan 83,33%. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ARCS dapat meningkatkan sikap percaya diri dan kemandirian siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemandirian; model pembelajaran attention relevance confidence satisfaction; percaya diri.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Apr 2014 08:02
Last Modified: 14 Oct 2021 02:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28722

Actions (login required)

View Item View Item