Sari, Suryaning Fajar and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2014) Eksperimen Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Numbered Head Together (NHT) Dan Jigsaw Ditinjau Dari Tingkat Motivasi Siswa Kelas VIII Semester Genap MTs Negeri Surakarta II Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
10.NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (421kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
02.HALAMAN_DEPAN.pdf Download (548kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03.BAB_I.pdf Download (61kB) |
|
PDF (Bab II)
02.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
PDF (Bab III)
05.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) |
||
PDF (Bab IV)
06.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (561kB) |
||
PDF (Bab V)
07.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (99kB) |
|
PDF (Lampiran)
09.LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui: (1) pengaruh strategi pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan jigsaw terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh tingkat motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) interaksi strategi pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan jigsaw ditinjau dari tingkat motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester genap MTs Negeri Surakarta II tahun ajaran 2013/2014. Sampel penelitian ini sebanyak dua kelas, yaitu kelas VIII A1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan kedua kelas sampel tersebut menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas. Sebagai tindak lanjut dari uji analisis variansi dilakukan uji komparasi ganda dengan metode Scheffe. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh strategi pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan jigsaw terhadap hasil belajar matematika, dengan FA > Ftabel yaitu 6,629 > 4,052, (2) ada pengaruh tingkat motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, dengan FB > Ftabel yaitu 20,861 > 3,202, (3) ada interaksi antara penggunaan strategi pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan jigsaw ditinjau dari tingkat motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, dengan FAB > Ftabel yaitu 4,7724 > 3,202.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, strategi pembelajaran Numbered Head Together (NHT), strategi pembelajaran jigsaw, hasil belajar matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 21 Apr 2014 07:12 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 02:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28718 |
Actions (login required)
View Item |