Dewi, Brilian Meilana and , Masduki, S.Si, M.Si (2014) Strategi Sekolah Dan Guru Dalam Menanamkan Sikap Religius Dan Kejujuran Dalam Pembelajaran Matematika (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 4 Sambi). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (440kB) |
|
|
PDF (HalamN Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (501kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (93kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikanstrategi sekolah dan guru dalam menanamkan sikap religius dan kejujuran dalam pembelajaran matematika. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru matematika, dan siswa SMP Muhammadiyah 4 Sambi. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data secara kualitatif yaitu reduksi data, sajian data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi sekolah dan guru dalam menanamkan sikap religius dalam pembelajaran matematika adalah (1) sekolah mengutamakan praktek-praktek keagamaan, (2) kepala sekolah selalu mengingatkan siswa melalui dokumen tertulis, pembinaanpembinaan lisan dan keteladanan, (3) kepala sekolah memberikan hukuman meliputi praktek sholat dan pelaporan kepada wali murid kepada siswa yang tidak sholat berjama’ah, tidak berpakaian sopan, tidak mengikuti kegiatan keagamaan, (4) kegiatan yang dilakukan sekolah yaitu penertiban rutin untuk pelaksanaan sholat, mengadakan bimbingan keagamaan, dan mengadakan kelas BTA, (5) guru memberi keteladananseperti selalu berdoa sebelum dan sesudah proses pembelajaran matematika, membaca surat pendek, memberi salam, (6) guru mengatasi siswa yang berdoa tidak khusyu’, tidak membaca surat pendek dengan pembacaan surat pendek di depan kelas. Strategi sekolah dan guru dalam menanamkan sikap kejujuran dalam pembelajaran matematika adalah (1) kepala sekolah selalu mengingatkan siswa dengan keteladanan, (2) kepala sekolah mengatasi siswa yang yang ketahuan tidak membayar di kantin, membawa alatalat komunikasi di sekolah, membawa suatu barang milik siswa lain dengan sanksi misalnya hukuman membersihkan ruangan kelas, pelaporan kepada wali murid, dan pemberian skors, (3) kegiatan yang dilakukan sekolah yaitu memberikan bimbingan konseling tentang kejujuran, (4) guru mengingatkan siswa untuk tidak curang dalam mengerjakan soal ujian, berkata jujur apabila belum jelas mengenai materi, mengatakan dengan jujur jumlah nilai yang didapatkan, (5) guru selalu menegur dan memberi sanksi meliputi pengurangan nilai, pengerjaan ulang jawaban ujian, dan dikeluarkan dari kelas agar belajar di perpustakaan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi sekolah dan guru; sikap religius; sikap kejujuran; pembelajaran matematikaA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Apr 2014 07:45 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 02:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28713 |
Actions (login required)
View Item |