Purbasari, Yanuar Kristina and , Idris Harta, M.A., Ph.D (2014) Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbasis Lembar Kegiatan Siswa (LKS) (PTK pada Siswa Kelas VIII B Semester I SMP Negeri 1 Jatisrono Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (704kB) |
|
|
PDF (BAb I)
04._BAB_I.pdf Download (28kB) |
|
PDF (BAb II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
||
PDF (BAB IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSAKA.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbasis Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan model penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Jatisrono yang berjumlah 34 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIII B. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui catatan lapangan, wawancara, dokumentasi, dan metode tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan pemahaman konsep Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbasis Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Hal ini dapat dilihat dari indikator yang meliputi 1) mengaplikasikan soal ke dalam model matematika sebelum tindakan 26,47% dan setelah tindakan 76,47%, 2) menggunakan metode dari konsep SPLDV dengan tepat sebelum tindakan 17,65% dan setelah tindakan 67,65%, dan 3) menarik suatu kesimpulan dari pernyataan sebelum tindakan 20,59% dan setelah tindakan 73,53%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbasis Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dapat meningkatkan pemahaman konsep Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | lembar kegiatan siswa (lks); model pembelajaran think pair share (tps); pemahaman konsep |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Apr 2014 07:11 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 13:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28710 |
Actions (login required)
View Item |