Rizki R,, Bayu Hepy and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2014) Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Strategi Inquiry Dengan Berbasis Macromedia Flash 8 Dalam Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas XI Semester Genap SMK N 1 Banyudono Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (573kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV_.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (140kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan kreativitas siswa melalui strategi Inquiry berbasis Macromedia Flash 8. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru yang memberikan tindakan kelas dan penerima tindakan adalah siswa kelas XI.TKJ 1 SMK N 1 Banyudono berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang dianalisis dari tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi metode dan penyidik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kreativitas siswa. Peningkatan kreativitas dilihat dari indikator: 1) rasa ingin tahu siswa terhadap suatu masalah dari kondisi awal 22,22% meningkat menjadi 72,22%, 2) kemampuan siswa dalam mengemukakan ide atau gagasan terhadap suatu masalah dari kondisi awal 19,44% meningkat menjadi 72,22%, 3) kemampuan siswa dalam menentukan solusi dan menuliskan jawaban dari permasalahan dari kondisi awal 27,78% meningkat menjadi 80,55% , 4) kemampuan siswa dalam menentukan kesimpulan dari kondisi awal 22,22% meningkat menjadi 77,78%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Inquiry berbasis Macromedia Flash 8 dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan kreativitas siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kreativitas; inquiry; macromedia flash 8 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Apr 2014 06:46 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 13:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28707 |
Actions (login required)
View Item |