Rusyani, Ratna Citra and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2014) Peningkatan Kemampuan Bernalar Siswa Dengan Pendekatan Scientific Melalui Strategi Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) (Ptk Kelas VII A Semester 1 SMP N 2 Sawit 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN1.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (759kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa dengan pendekatan scientific melalui strategi Numbered Heads Togethers (NHT). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas VII A SMP Negeri 2 Sawit Boyolali yang berjumlah 27 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah proses analisis data , penyajian data dan verifikasi data. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa yang dapat dilihat dari indikator: 1) Kemampuan menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis, gambar, dan diagram sebelum tindakan 33% di akhir tindakan 88,8% 2) Kemampuan memberikan penjelasan dengan menggunakan model 37% dan di akhir tindakan 44,4% dan 3) Kemampuan menarik kesimpulan dari pernyataan 3,8% dan di akhir tindakan menjadi 40,7 %. Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan scientific melalui strategi Numbered Heads Togethers (NHT) dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa SMP Negeri 2 Sawit Boyolali.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan penalaran matematika, scientific, Numbered Heads Togethers (NHT) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Apr 2014 09:05 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 13:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28703 |
Actions (login required)
View Item |