Setiyaningrum, Dewi and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2014) Peningkatan Keterampilan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Dengan Menggunakan Media Kartu Kerja (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas V Semester Gasal SD Muhammadiyah 16 Surakarta Tahun 2013/ 2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf Download (34kB) |
|
PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
||
PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (51kB) |
|
PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menyelesaikan soal cerita matematika bagi siswa kelas V SD Muhammadiyah 16 Surakarta dengan menggunakan media kartu kerja. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VA SD Muhammadiyah 16 Surakarta yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data dengan triangulasi teknik atau metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan menyelesaikan soal cerita matematika, yaitu (a) kemampuan memahami soal cerita dari pra-siklus 25,81% siklus I 54,84% dan siklus II 83,87%, (b) kemampuan menentukan cara penyelesaian dari pra-siklus 25,81% siklus I 41,94% dan siklus II 74,19%, (c) kemampuan melakukan perhitungan dari pra-siklus 22,58% siklus I 51,61% dan siklus II 80,65%, dan (d) kemampuan menyelesaikan soal dengan benar dan menyimpulkan jawaban dari pra-siklus 12,90% siklus I 45,16% dan siklus II 77,42%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan, soal cerita, kartu kerja |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Apr 2014 12:57 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 13:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28696 |
Actions (login required)
View Item |