Wijayanti, Widya Oktarina and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2014) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Strategi Berbasis Masalah Tipe Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating, Transfering (PTK Bagi Siswa Kelas VIII B Semester Gasal SMP Negeri 1 Sambi Tahun Ajaran. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Awal.pdf Download (816kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (413kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (510kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (395kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (814kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (330kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (860kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematika melalui strategi berbasis masalah tipe REACT pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Sambi. Pendekatan penelitian termasuk penelitian kualitatif. Desain penelitian, penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas VIII B, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Sambi berjumlah 32 siswa. Peneliti bertindak sebagai subyek pemberi tindakan sekaligus pengamat dan guru matematika bertindak sebagai pengamat. Metode pengumpulan data yaitu, metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan metode alur, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian, ada peningkatan kemampuan komunikasi matematika yang dapat diamati dari peningkatan persentase indikator-indikator, yaitu (1) Ada peningkatan kemampuan dalam aspek lisan dari 25% menjadi 75% (2) Ada peningkatan kemampuan dalam aspek tertulis dari 18,75% menjadi 81,25% (3) Ada peningkatan kemampuan dalam aspek gambar dari 21,88% menjadi 68,75% (4) Ada peningkatan kemampuan dalam aspek menjelaskan konsep dari 31,25% menjadi 84,38%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah tipe REACT dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | berbasis masalah; kemampuan komunikasi; pembelajaran matematika; REACT |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Apr 2014 12:33 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 13:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28693 |
Actions (login required)
View Item |