Analisis Permasalahan Guru Dalam Mengimplementasikan Kompetensi Spiritual Setelah Diterapkan Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Matematika (Studi Kasus Pada SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo dan SMK Negeri 9 Surakarta)

A’ini, Qurotun and , Masduki, S.Si, M.Si (2014) Analisis Permasalahan Guru Dalam Mengimplementasikan Kompetensi Spiritual Setelah Diterapkan Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Matematika (Studi Kasus Pada SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo dan SMK Negeri 9 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depaan.pdf

Download (558kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_fix.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi_pertama.pdf

Download (511kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi guru serta strategi guru untuk mengimplementasikan kompetensi spiritual. Informan dalam penelitian ini adalah guru matematika kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo dan SMK Negeri 9 Surakarta. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara dan angket sebagai metode pokok. Metode bantu berupa dokumentasi. Analisis data secara kualitatif melalui 4 alur yaitu pengumpuan data, reduksi data, display data, menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap guru memiliki permasalahan dalam mengimplementasikan kompetensi spiritual, selain itu guru juga memiliki strategi sendiri dalam mengimplementasikan kompetensi spiritual pada pembelajaran matematika. Dari data yang diperoleh permasalahan yang paling banyak dialami guru dalam mengimplementasikan kompetensi spiritual adalah mengkaitkan materi matematika dengan kompetensi spiritual, sedangkan strategi yang paling sering dipakai oleh semua guru dalam mengimplementasikan kompetensi spiritual adalah mengucapkan salam dan berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran matematika, permasalahan guru, kompetensi spiritual, kurikulum 2013
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Apr 2014 12:23
Last Modified: 19 Oct 2021 13:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28691

Actions (login required)

View Item View Item