Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Berbasis Lesson Study (PTK Pada Siswa Kelas XI Seni Rupa SMK Negeri 9 Surakarta Semester Genap Tahun 2013/2014)

Aditya, Dimas Galan Fadil and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2014) Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Berbasis Lesson Study (PTK Pada Siswa Kelas XI Seni Rupa SMK Negeri 9 Surakarta Semester Genap Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (502kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4_BAB_I.pdf

Download (154kB)
[img] PDF (Bab II)
5_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] PDF (Bab III)
6_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] PDF (Bab IV)
7_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB)
[img] PDF (Bab V)
8_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2_NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (416kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika dengan strategi pembelajaran tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) berbasis Lesson Study. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas XI Seni Rupa berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan Source Triangulation (Triangulasi Sumber) dan Technic Triangulation (Triangulasi Teknik). Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator berikut: 1) kemampuan dalam mengemukakan gagasan berpikir dari sebelum tindakan (32%) menjadi (68%) setelah tindakan, 2) keaktifan bertanya kepada guru dalam kegiatan belajar mengajar dari sebelum tindakan (36%) menjadi (72%) setelah tindakan, 3) kemampuan berdiskusi dengan kelompok belajar dari sebelum tindakan (28%) menjadi (60%) setelah tindakan, 4) banyak siswa yang memiliki nilai memenuhi KKM (≥75) dari sebelum tindakan (28%) menjadi (64%). Kesimpulan penelitian ini adalah strategi pembelajaran tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) berbasis Lesson Study dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas XI Seni Rupa SMK Negeri 9 Surakarta semester genap tahun 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) berbasis Lesson Study, aktivitas belajar matematika siswa, hasil belajar matematika siswa
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Apr 2014 12:13
Last Modified: 19 Oct 2021 13:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28688

Actions (login required)

View Item View Item