Astuti, Wiwin and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2014) Eksperimen Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Dan Team Assisted Individualization (TAI) Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII Semester 2 SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf Download (98kB) |
|
PDF (Bab II)
06.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (530kB) |
||
PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (530kB) |
||
PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) |
||
PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (161kB) |
|
PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh masing-masing kategori strategi pembelajaran, aktivitas belajar matematika dan interaksinya terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyudono tahun pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah 27 siswa kelas VIII C dikenai strategi pembelajaran GI sebagai kelompok eksperimen dan 29 siswa kelas VIII D dikenai strategi pembelajaran TAI sebagai kelompok kontrol. Sebelum perlakuan dilakukan uji keseimbangan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan angket. Uji coba instrumen meliputi uji validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat meliputi uji normalitas menggunakan Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett. Uji hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) strategi pembelajaran kooperatif tipe GI memberikan prestasi belajar matematika lebih baik dibandingkan strategi pembelajaran kooperatif tipe TAI . (2) prestasi belajar matematika siswa dengan aktivitas belajar tinggi lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika siswa dengan aktivitas belajar sedang maupun rendah, dan prestasi belajar matematika siswa dengan aktivitas belajar sedang lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika siswa dengan aktivitas belajar rendah. (3) pada masing-masing aktivitas belajar siswa strategi pembelajaran kooperatif tipe GI memberikan prestasi belajar matematika lebih baik dibandingkan strategi pembelajaran kooperatif tipe TAI .
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas belajar, GI, prestasi belajar, dan TAI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 16 Apr 2014 11:55 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 13:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28686 |
Actions (login required)
View Item |