Utami, Lina Lia and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2014) Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Melalui Model Cooperative Integrated Reading And Composition Dengan Polya Strategy (PTK Pada Siswa Kelas VIII D SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
03.HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (BAB I)
04.BAB_I.pdf Download (170kB) |
|
PDF (BAB II)
05.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
||
PDF (BAB III)
06.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
||
PDF (BAB IV)
07.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) |
||
PDF (BAB V)
08.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (164kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
10.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (552kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa dengan menerapkan model CIRC kombinasi Polya Strategy. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research(CAR). Subjek penerima tindakan yaitu siswa kelas VIII D SMP Al-Islam 1 Surakarta yang berjumlah 36 siswa dan subjek pemberi tindakan yaitu guru matematika yang berkolaborasi dengan peneliti. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, soal, dokumentasi dan lembar catatan lapangan. Teknik analisis data yang dilakukan terdiri dari : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa melalui model CIRC kombinasi Polya Strategy. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase indikator-indikator keterampilan pemecahan masalah, yaitu (1) memahami masalah terjadi peningkatan sebesar (38,9%), yaitu sebelum tindakan (33, 3%) meningkat menjadi (72,2%), (2) merancanakan penyelesaian terjadi peningkatan sebesar (36,1%), yaitu sebelum tindakan (38, 9%) meningkat menjadi (75%), (3) melaksanakan rencana terjadi peningkatan sebesar (36,1%), yaitu sebelum tindakan (41,7%) meningkat menjadi (77,8%) dan (4) melakukan pengecekan terjadi peningkatan sebesar (52,8%), yaitu sebelum tindakan (0%) meningkat (52,8%). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model CIRC kombinasi Polya Strategy dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CIRC, Polya Strategy, keterampilan pemecahan masalah matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Kurnia Utami |
Date Deposited: | 16 Apr 2014 08:19 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 13:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28678 |
Actions (login required)
View Item |