Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Strategi Team Assisted Individualization Berbasis Lesson Study (PTK Bagi Siswa Kelas XI Tekstil SMK Negeri 9 Surakarta Tahun 2013/2014)

Setiawan, Dwi and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2014) Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Strategi Team Assisted Individualization Berbasis Lesson Study (PTK Bagi Siswa Kelas XI Tekstil SMK Negeri 9 Surakarta Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HAlaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (224kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (107kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika dengan strategi team assisted individualization berbasis lesson study. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru matematika kelas XI Tekstil SMK Negeri 9 Surakarta tahun 2013/ 2014. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode alur yang terdiri dari tiga alur yaitu proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika, hal ini dapat dilihat dari: 1) kemampuan mengaplikasikan rumus, sebelum tindakan 38,09% dan setelah tindakan meningkat menjadi 100%, 2) kemampuan memecahkan masalah yang berkaitan dengan konsep matematika, sebelum tindakan 33,33% dan setelah tindakan meningkat menjadi 80,95%, 3) kemampuan mengajukan pertanyaan dan tanggapan kepada guru, sebelum tindakan 42,85% dan setelah tindakan meningkat menjadi 71,43% dan 4) kemampuan membuat kesimpulan, sebelum tindakan 33,33% dan setelah tindakan meningkat menjadi 66,67%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan Lesson Study dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas XI Tekstil SMK Negeri 9 Surakarta pada pokok bahasan trigonometri.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lesson study; pemahaman konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Apr 2014 08:56
Last Modified: 19 Oct 2021 13:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28663

Actions (login required)

View Item View Item