ANALISIS GAP UNTUK MENGUJI KUALITAS LAYANAN KOPERASI UNIT DESA TENGGAK I SRAGEN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN

PURNOMO , SETIO DWI (2009) ANALISIS GAP UNTUK MENGUJI KUALITAS LAYANAN KOPERASI UNIT DESA TENGGAK I SRAGEN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100040107.pdf

Download (46kB)
[img] PDF
B100040107.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/B100/B1000...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah terdapat perbedaan antara harapan dan kenyataan pelayanan Koperasi Unit Desa Tenggak I Sragen dan untuk menguji apakah terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat menjadi bahan masukan atau pertimbangan bagi manajer koperasi dalam menyusun kebijakan atau strategi pemasaran yang tepat sehingga di masa yang akan datang dapat menarik konsumen yang lebih banyak dan juga berguna sebagai perbandingan dan sebagai bahan masukan bagi peneliti lain yang mengambil bidang sama. Pengujian hipotesis dalam penelitian menggunakan alat analisis regresi linier berganda dan uji t. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang menggunakan jasa Koperasi Unit Desa Tenggak I Sragen, sedangkan sampel penelitian adalah 50 konsumen Koperasi Unit Desa Tenggak I Sragen dengan convenience sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel tangible (X1) diperoleh nilai thitung sebesar 2,423 (p= 0,019 < 0,05); sehingga antara harapan dan kenyataan pada dimensi tangible terdapat perbedaan yang signifikan. Variabel reliability (X2) diperoleh nilai thitung sebesar 2,684 (p= 0,010 < 0,05); sehingga antara harapan dan kenyataan pada dimensi reliability terdapat perbedaan yang signifikan. Variabel responsiveness (X3) diperoleh nilai thitung sebesar 8,820 (p= 0,000 < 0,05); sehingga antara harapan dan kenyataan pada dimensi responsiveness terdapat perbedaan yang signifikan. Variabel assurance (X4) diperoleh nilai thitung sebesar 1,725 (p= 0,091 > 0,05); sehingga antara harapan dan kenyataan pada dimensi assurance tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Variabel emphaty (X5) diperoleh nilai thitung sebesar 1,862 (p= 0,069 > 0,05); sehingga antara harapan dan kenyataan pada dimensi emphaty tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh Fhitung sebesar 19,650 > 2,45 sehingga tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Koperasi Unit Desa Tenggak I Sragen atau pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Koperasi Unit Desa Tenggak I Sragen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty, gap, kepuasan konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 19 Jun 2009 07:22
Last Modified: 02 Feb 2011 03:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2866

Actions (login required)

View Item View Item