Nurmawati, Puput and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Nining Setyaningsih, Dra. M.Si. (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Tournament Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika (PTK pada Siswa Kelas X Semester Ganjil MA NS Pandangan, Rembang Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (969kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (105kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (514kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (250kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_.pdf Download (859kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Tournament. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas X-2MA NSPandangan, Rembang yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, metode tes,metode catatan lapangan, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) Banyaknya siswa tekun dan ulet dalam menghadapi kesulitan maupun tugassebelum diadakan tindakan sebesar 10,7%, di akhir tindakan menjadi 71,43%. 2) Siswa berani dalam menjawab pertanyaan dan mengerjakan latihan soal sebelum diadakan tindakan sebesar 50%, di akhir tindakan menjadi 92,86% 3) Siswa senang dalam mencari dan memecahkan soalsoal sebelum diadakan tindakan sebesar 10,7%, di akhir tindakan menjadi 78,57%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum tindakan dan sesudah diadakan tindakan menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Sebelum adanya tindakan hasil belajar siswa yang memperoleh nilai >70 sebesar 21,43% dan di akhir tindakan menjadi 78,57%. Kesimpulan penelitian ini adalahmeningkatnya motivasi dan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Tournament.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Tournament,motivasi, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Apr 2014 07:48 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 12:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28657 |
Actions (login required)
View Item |