Putri, Ifan Isnaini Mareta and , Drs. Darsinah, M.Si (2014) Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menggambar Bebas Pada Anak Kelompok B1 TK ‘Aisyiyah Tunggulsari Pajang, Laweyan, Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (950kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (117kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (80kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (572kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak kelompok B1 melalui kegiatan menggambar bebas pada TK ‘Aisyiyah Tunggulsari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta. Subjek penelitian anak kelompok B1 di Tk ‘Aisyiyah Tunggulsari yang berjumlah 15 anak yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 8 anak laki – laki. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dengan jumlah pertemuan 4 kali yaitu pada siklus I sebanyak 2 pertemuan, dan siklus II sebanyak 2 pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi. Data yang dikumpulkan adalah data kemampuan motorik halus anak dan data penerapan kegiatan menggambar bebas. Teknik analisis data kemampuan motorik halus anak menggunakan teknik analisis komparatif yaitu membandingkan hasil rata – rata kemampuan motorik halus anak dengan indikator kinerja setiap siklusnya. Teknik analisis data pada kegiatan menggambar bebas menggunakan teknik analisis interaktif dengan prosedur mengumpulkan data, mereduksi data, penyajikan data dan menyimpulkan. Hasil penelitian kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menggambar bebas sebelum adanya tindakan adalah 37,2% menunjukan bahwa kemampuan motorik halus anak belum berkembang. Kemudian pada siklus I menunjukan 70,5% artinya bahwa kemampuan motorik halus anak sudah mulai berkembang. Dan pada siklus II menunjukan 91% menunjukan bahwa kemampuan motorik halus anak sudah berkembang sesuai dengan harapan. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan kegiatan menggambar bebas dapat mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak pada kelompok B1 Tk ‘Aisyiyah Tunggulsari. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan menggambar bebas dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Motorik Halus, Kegiatan Menggambar Bebas |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 14 Apr 2014 12:21 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 07:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28650 |
Actions (login required)
View Item |