Safitri, Nuri A and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2014) Implementasi Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Dengan Strategi Student Teams Achievement Divisions (Stad) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (613kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (58kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (514kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan 1) pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII C SMP Negeri 23 Surakarta; 2) hasil belajar matematika siswa kelas VIII C SMP Negeri 23 Surakarta. Jenis penelitian pada penelitian: PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan: siswa kelas VIII C SMP Negeri 23 Surakarta berjumlah 24 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan: metode tes, observasi, dokumentasi, catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan metode alur: proses analisis data, penyajian data, verifikasi data. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII C SMP Negeri 23 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Hal ini dapat dilihat dari indikator kemampuan pemahaman konsep matematika siswa: 1) kemampuan dalam memberikan contoh sebelum tindakan 25% dan diakhir tindakan 79,16%; 2) kemampuan siswa memahami masalah sebelum tindakan 25% dan diakhir tindakan 75%, 3) kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah sebelum tindakan 20,83%, diakhir tindakan 70,83%, 4) kemampuan siswa dalam menyatakan ulang suatu konsep matematika sebelum tindakan 16,67%; diakhir tindakan 70,83%. Hasil dari soal kuis yang dilakukan sebelum dan sesudah tindakan kelas menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 23 Surakarta sebelum adanya tindakan kelas hasil belajar siswa mencapai 33,33% sedangkan sesudah dilakukan tindakan kelas hasil belajar siswa mencapai 75%. Kesimpulan penelitian: Implementasi pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan strategi STAD dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar siswa; matematika realistik; pemahaman konsep matematika; STAD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 14 Apr 2014 08:51 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 12:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28645 |
Actions (login required)
View Item |