Efektifitas Pendidikan Kesehatan Dengan Menggunakan Media Leaflet Dan Media Slide Power Point Terhadap Perubahan Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Deteksi Dini Kanker Serviks Pada Ibu-Ibu PKK Di Wilayah Kerja Puskesmas Kartasura Sukoharjo

Khoiron, Nur and , Sulastri, S.Kp., M.Kes (2014) Efektifitas Pendidikan Kesehatan Dengan Menggunakan Media Leaflet Dan Media Slide Power Point Terhadap Perubahan Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Deteksi Dini Kanker Serviks Pada Ibu-Ibu PKK Di Wilayah Kerja Puskesmas Kartasura Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskaha Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (281kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (647kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (177kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] PDF (Bab VI)
09._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
10._Daftar_Pustaka.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Lampiran)
11._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan salah satu penyakit yang ganas yang masih menempati posisi tertinggi sebagai penyakit kanker yang menyerang kaum perempuan yang banyak diderita diatas usia 18 tahun. Pendidikan kesehatan pada hakikatnya ialah suatu kegiatan atau usaha menyampaikan pesan kesehatan kepada masyarakat, kelompok, atau individu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan media leaflet dan slide power point terhadap perubahan pengetahuan, sikap dan perilaku deteksi dini kanker serviks di Wilayah Kerja Puskesmas Kartasura Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah “Quasi experiment” menggunakan rancangan two group Pretest - Posttest. Sampel penelitian adalah ibu-ibu PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) yang berjumlah 30 responden di desa Gonilan dan 33 responden di desa Pabelan. Teknik penentuan sampel menggunakan accidental sampling. Teknik pengolahan data menggunakan teknik uji Independent T-Test dan Mann Whitney Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata perubahan pengetahuan menggunakan media slide power point (16,21) lebih besar dari media leaflet (14,37), nilai rata-rata perubahan sikap menggunakan media slide power point (48,88) lebih besar dari media leaflet (45,93), nilai rata-rata perubahan perilaku menggunakan media slide power point (35,05) lebih besar dari media leaflet (28,65). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: pendidikan kesehatan dengan menggunakan media slide power point lebih efektif terhadap perubahan pengetahuan, sikap dan perilaku dibandingkan dengan menggunakan media leaflet.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan kesehatan, kanker serviks, slide power point, leaflet
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2014 06:30
Last Modified: 14 Oct 2021 06:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28620

Actions (login required)

View Item View Item