Hubungan Antara Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pemberian Informed Consent Sebelum Tindakan Operasi Di RSUD Dr.Moewardi

Trivel, Matris and , Bd. Sulastri, S.Kp., M.Kes and , Dewi Listyorini, S.Kep., Ns (2014) Hubungan Antara Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pemberian Informed Consent Sebelum Tindakan Operasi Di RSUD Dr.Moewardi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_1.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab V)
bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab VI)
bab_6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (229kB)

Abstract

Praktik pelayanan medis di Indonesia menerima pernyataan mengenai informed consent, yang tercantum dalam Permenkes No. 585 Tahun 1989 tentang persetujuan tindakan medik, informed consent didefinisikan sebagai persetujuan yang diberikan oleh pasien atau keluarganya atas dasar penjelasan mengenai tindakan medik yang akan dilakukan terhadap pasien tersebut. Wawancara terhadap 4 orang pasien dan keluarga pasien operasi yang di berikan informed consent, ditemukan ada beberapa penjelasan yang belum lengkap mengenai bentuk tindakan, tujuan tindakan, risiko tindakan, manfaat tindakan dan alternative tindakan serta hal-hal yang berkaitan dengan tindakan yang akan diberikan kepada pasien operasi. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi tingkat kepuasan pasien post operasi di RSUD Dr.Moewardi, ntuk mengidentifikasi pemberian informed consent sebelum tindakan operasi di RSUD Dr.Moewardi. untuk menganalisa hubungan antara tingkat kepuasan pasien dan pemberian informed consent sebelum tindakan operasi di RSUD Dr.Moewardi. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian analitik dengan rancangan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel penelitian 49 responden, sedangkan instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisa bivariat menggunakan uji Fisher Exact. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien operasi yang ada di RSUD Dr.Moewardi sebagian besar tingkat kepuasan pasien adalah puas, pemberian informed consent sebelum tindakan operasi di RSUD Dr.Moewardi sebagian besar termasuk dalam kategori baik, ada hubungan antara tingkat kepuasan pasien dengan pemberian informed consent sebelum tindakan operasi dibuktikan dengan nilai χ2 hitung (7,528) > χ2 tabel (3,841) dengan angka signifikan (p= 0.047 < 0.05).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kepuasan pasien, Pemberian Informed Consent
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2014 05:57
Last Modified: 27 Apr 2016 11:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28618

Actions (login required)

View Item View Item