Majas Dan Citraan Dalam Lirik Lagu Album Seleksi Hits Karya Geisha: Tinjauan Stilistika Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA

Ayu Farida, Nimas and , Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum and , Drs. Adyana Sunanda (2014) Majas Dan Citraan Dalam Lirik Lagu Album Seleksi Hits Karya Geisha: Tinjauan Stilistika Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (571kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (764kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (827kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pemakaian majas yang terdapat dalam lirik lagu pada album Seleksi Hits karya Geisha, (2) Menganalisis citraan dalam lirik lagu pada album Seleksi Hits karya Geisha, (3) Mendeskripsikan implementasi majas dalam lirik lagu pada album Seleksi Hits karya Geisha sebagai bahan ajar sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif. Objek yang diteliti dalam penelitian ini adalah majas dan citraan dengan tinjauan stilistika dan implementasinya sebagai bahan ajar sastra di SMA dalam lirik lagu pada album Seleksi Hits karya Geisha. Sumber data yang diperoleh dari lirik lagu pada album seleksi Hits berjumlah 12 lirik lagu produksi Musica Studio's. Teknik pengumpulan data yakni, menggunakan teknik pustaka, simak dan catat. Teknik validasi data yang digunakan adalah trianggulasi teoretis. Teknik analisis data yang digunakan adalah model semiotik, yakni pembacaan heuristik dan hermeneutik Hasil penelitian ini adalah (1) pemanfaatan majas dalam lirik lagu pada album Seleksi Hits karya Geisha. Majas yang terdapat dalam lirik lagu pada album Seleksi Hits karya Geisha yaitu ditemukan 33 data yang terdiri dari (a) majas personifikasi 11 data, (b) metafora 2 data, (c) metonemia 2 data, (d) simile 1 data, (e) hiperbola 10 data, (f) sinekdok (pras pro toto) 6 data dan (g) sarkasme 1 data. (2) pemanfaatan citraan yang terdapat pada lirik lagu dalam album Seleksi Hits karya Geisha yaitu ditemukan 33 data yang terdiri dari (a) citaan pengelihatan (Visual Imager y) 16 data, (b) citraaan pendengaran (auditory imagery) 3 data, (c) citraan perabaan (tactele/ thermal imagery) 5 data, (d) citraan penciuaman (smell imagery) 2 data, (e) citraan gerak (mowement imagery) 3 data, dan (f) citraan intelektual (intellectual imagery) 4 data. Implementasi majas dan citraan dalam lirik lagu pada album Seleksi Hits karya Geisha sebagai bahan ajar sastra di SMA, yakni terdapat pada standar kopetensi mendengarkan 5. memahami pusi yang disampaikan secara langsung/tidak langsungdengan kopetensi dasar 5.1 mengidentifikasi unsur-unsur bentuk puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman dilanjutkan 5.2 mengungkapkan isi puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: majas, citraan, lirik lagu pada album Seleksi Hits karya Geisha, kajian stilistika, bahan ajar sastra di SMA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Apr 2014 07:53
Last Modified: 19 Oct 2021 10:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28583

Actions (login required)

View Item View Item