Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye : Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Di SMA

Ardianti, Ratih and , Dr. Nafron Hasyim and , Drs. Zaenal Arifin, M.Hum (2014) Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye : Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (691kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (286kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (801kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (527kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah (1) mendeskripsikan struktur pembangun novel HSD karya Tere Liye, (2) memaparkan nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel HSD karya Tere Liye. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Objek penelitian ini adalah nilai- nilai pendidikan karakter dalam novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye. Data dalam penelitian ini berupa wacana yang terdapat dalam novel Hafalan Shalat Delisa. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka dan catat. Teknik validitas data yang digunakan adalah teknik trianggulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data secara dialektika. Berdasarkan analisis struktural terhadap novel Hafalan Shalat Delisa dapat diperoleh tema dalam novel adalah motivasi pendidikan dan hidup. Penokohan dalam novel ini adalah Delisa, Ummi Salamah, Abi Usman, Kak Fatimah, Kak Aisyah, Kak Zahra, dan Ustadz Rahman. Alur yang digunakan dalam novel ini adalah alur maju (progresif). Latar tempat dalam novel ini adalah di Lhok Nga, kamar rawat, hutan, tenda darurat, Rumah sakit Kapal Induk, dan lapangan bola, sedangkan latar waktu dalam novel ini terjadi pada tahun 2004-2005. Latar sosial dalam penelitian ini adalah latar sosial masyarakat yang taat beribadah. Analisis terhadap novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra terdapat nilai-nilai pendidikan karakter yang menonjol diantaranya adalah religius ditunjukkan oleh Delisa untuk selalu mengingat Allah. Jujur ditunjukkan oleh tokoh utama dalam bersikap. Disiplin ditunjukkan oleh masyarakat Lhok Nga dalam beribadah. Kerja keras dibuktikan oleh Delisa ketika menghafal bacaan shalat. Kreatif ditunjukkan sikap Kak Aisyah dalam membimbing adiknya agar bisa menghafal bacaan shalat. Sikap mandiri dibuktikan oleh Delisa agar tidak tergantung pada orang lain. Rasa ingin tahu ditunjukkan oleh Delisa yang yang selalu ingin tahu tentang apa yang tidak ia ketahui. Besahabat dan cinta damai ditunjukkan oleh sikap Delisa. Gemar membaca ditunjukkan oleh Kak Fatimah. Peduli sosial ditunjukkan oleh sikap Delisa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Hafalan Shalat Delisa, Sosiologi Sastra, Implementasi dalam Pembelajaran Sastra di SMA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2014 12:29
Last Modified: 15 Oct 2021 06:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28575

Actions (login required)

View Item View Item