Hartono, Budiarso Puguh and , Dra. Main Sufanti, M.Hum. (2014) Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Cerita Pendek Dengan Media Animasi Anak Kelas V Di SD Plesungan 02 Gondangrejo Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (406kB) |
|
|
PDF (HalamaN Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (641kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (85kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (62kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur cerita pendek dengan media animasi pada siswa kelas V SD Negeri 02 Plesungan Gondangrejo Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014 Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Plesungan 02 Gondangrejo Karanganyar, dengan jumlah siswa 16 terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Metode atau teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes. Data yang diambil meliputi data hasil pengamatan keaktifan siswa dan data hasil belajar siswa yang kemudian dibandingkan. Validitas data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis menggunakan teknik analisis kritis dan analisis komparatif. Data pra siklus menunjukkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran 45%. Siswa yang mencapai KKM ada 43,75%. KKM mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah 6,5. Hal ini disebabkan oleh, (1) metode guru yang masih bersifat konvensional tanpa memberi kesempatan siswa untuk berapresiatif sastra (2) minat baca siswa yang rendah (3) siswa kurang aktif dalam pembelajaran, (4) siswa kurang mendapat perhatian, dan (5) guru tidak menggunakan media pembelajaran. Untuk mencari solusinya guru dan peneliti menerapkan metode demonstrasi dengan media animasi pada materi cerpen. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Siklus I dilaksanakan dengan animasi berjudul “Mencari Harta karun” Karya Rinanti Rahmayanti. Siklus II dengan animasi berjudul “Burung yang Malang” Karya Sophia Laily. Hasil penelitian siklus I keaktifan belajar siswa 62,5% dan hasil belajar siswa yang mencapai KKM 68,75%. Siklus II terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa menjadi 93,75%, kemudian hasil belajar siswa yang mencapai KKM juga meningkat menjadi 100%. Ditinjau dari hasil penelitian, maka penerapan media animasi dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur cerita pendek dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media animasi, keaktifan belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 07 Apr 2014 08:48 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 10:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28567 |
Actions (login required)
View Item |