Gantiningrum, Nuryani and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, M.Hum. (2014) Sikap Profesionalisme Dan Kinerja Akademik Guru Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Kasus di SLTA Muhammadiyah Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (392kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (553kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
||
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (98kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (60kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1)Untuk mendiskripsikan indikasi sikap profesionalisme guru Pendidikan Kewarga-negaran di SLTA Muhammadiyah Karanganyar; (2) Untuk mendiskripsikan kinerja akademik guru Pendidikan Kewarganegaraan di SLTA Muhammadiyah Karanganyar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus. Subyek penelitian adalah guru PKn SLTA Muhammadiyah Kabupaten Karanganyar yang terdiri dari 9 subyek penelitian dari 3 sekolah yakni SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar, SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar dan SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara terstruktur,observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Sikap profesional guru PKn di ketiga sekolah melalui jawaban 9 responden sebanyak 5 responden menjawab positif atau menunjukkan profesional yang tinggi, sedangkan 3 responden atau 33% menyatakan jawaban kadang-kadang atau sikap profesional yang sedang, adapun 1 responden atau 11 % memiliki jawaban yang tidak pernah atau rendah; (2) Kinerja akademik ke sembilan responden menyatakan jawaban 6 responden atau 67% menjawab ya, sedangkan 2 responden atau 22% menyatakan jawaban yang dalam kategori indikasi sedang dan 1 responden atau 11% menyatakan kurang atau rendah dalam kinerja akademik. Jadi dari hasil temuan menunjukkan bahwa sikap profesional dan kinerja akademik guru PKn di SLTA Muhammadiyah Karanganyar cenderung meningkat. Hal ini dilihat dari meningkatnya kompetensi dasar guru dan kinrja akademik melalui indikasi memiliki relevansi dari kualifikasi pendidikan dan komitmen untuk meningkatkan profesi dan perubahan menuju pembelajaran yang inovatif.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sikap profesionalisme, kinerja akademik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 Apr 2014 08:56 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 22:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28552 |
Actions (login required)
View Item |