Pembinaan Moral Dan Spiritual Pada Warga Binaan Pemasyarakatan (Studi Kasus di Rumah Tahanan Negara kelas IIB Kabupaten Rembang)

Harnanto, Zuhriza Widi and , Dra. Hj. Sri Gunarsi, SH., MH. (2014) Pembinaan Moral Dan Spiritual Pada Warga Binaan Pemasyarakatan (Studi Kasus di Rumah Tahanan Negara kelas IIB Kabupaten Rembang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
00_cover_skripsi.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
01_BAB_I.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (Bab II)
02_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] PDF (Bab III)
03_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB)
[img] PDF (Bab IV)
04_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] PDF (Bab V)
05_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
06_Daftar_Pustaka.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
07_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
09_naskah_publikasi_2.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keberhasilan sebuah lembaga pemasyarakatan dalam membina warganya adalah ketika warga binaan yang keluar dari lapas menjadi menjadi manusia seutuhnya yang menyadari kesalahannya, mampu memperbaiki diri sehingga dapat diterima kembali oleh lingkungan masyarakat. Namun tidak sedikit kejadian tindak kejahatan banyak dilakukan oleh mantan warga binaan dari suatu lembaga pemasyarakat. Hal tersebut dapat di ubah dengan adanya pembinaan moral dan spiritual pada warga binaan di lembaga pemasyarakatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pembinaan moral dan spiritual pada warga binaan serta bagaimana pelaksanaan pembinaan moral dan spiritual di Rutan kelas IIB kabupaten Rembang. Metode dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan penyajian data naratif deskriptif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi di dalam tempat penelitian. Keabsahan data dapat dibuktikan dengan menggunakan triangulasi data. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan pembinaan moral berkaitan dengan pembentukan kepribadian pada warga binaan agar menjadi lebih baik untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi kondisi masyarakat ketika keluar kelak. Pembinaan spiritual berkaitan dengan pemberian arahan tentang kerohanian, memberikan pengetahuan ilmu keagamaan supaya dapat menambah keimanan dan ketaqwaan. Pembinaan moral dan spiritual di Rutan Rembang masih terdapat kendala dalam pelaksanaannya diantaranya masih ada warga binaan yang mengikuti kegiatan pembinaan dengan acuh tak acuh dan bahkan cenderung mengabaikannya, namun dengan berbagai tindakan yang telah diterapkan menjadikan pelaksanaan pembinaan moral dan spiritual berjalan dengan baik

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan moral, pembinaan spiritual, warga binaan pemasyarakatan
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Apr 2014 07:52
Last Modified: 18 Oct 2021 21:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28530

Actions (login required)

View Item View Item