PENGARUH STRATEGI PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN GENTING PRESS DI DESA PAKISAN KECAMATAN CAWAS KABUPATEN KLATEN

HERMANTO , ADI EKO (2008) PENGARUH STRATEGI PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN GENTING PRESS DI DESA PAKISAN KECAMATAN CAWAS KABUPATEN KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100040083.pdf

Download (196kB)
[img] PDF
B100040083.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari strategi promosi dalam meningkatkan volume penjualan pengrajin genteng press di desa Pakisan, Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten. Penelitian ini mengenai strategi promosi yaitu (periklanan, promosi penjualan dan personal selling) yang dilakukan para pengrajin genting press di desa Pakisan Kecamatan Cawas Kabupaten Klaten. Sampel yang diambil peneliti sebanyak 40 pengrajin genting press. Alat analisis yang digunakan adalah meliputi validitas dan reliabilitas, uji normalitas dan uji asumsi klasik yang meliputi uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Uji statistik meliputi uji t, uji F dan uji koefisien determinasi (R²). Uji validitas dan reliabilitas semua item pertanyaan valid dan reliabel. Uji regresi linier berganda Y = 2,332 + 0,645 X1 + 0,223 X2 + 0,249 X3. Nilai konstanta sebesar 2,332 artinya bila tidak ada periklanan, promosi penjualan dan personal selling maka volume penjualan akan sebesar 2,332. Nilai koefisien regresi untuk variabel periklanan sebesar 0,645 artinya apabila periklanan meningkat satu maka akan meningkatkan volume penjualan sebesar 0,645. Nilai koefisien regresi untuk variabel promosi penjualan sebesar 0,223 artinya apabila promosi penjualan meningkat maka akan meningkatkan volume penjualan sebesar 0,223. Nilai koefisien regresi untuk variabel personal selling sebesar 0,249 artinya apabila personal selling bertambah maka akan meningkatkan volume penjualan sebesar 0,249. Uji normalitas data tersebar normal uji t variabel periklanan, promosi penjualan dan personal selling memiliki pengaruh positif terhadap volume penjualan genting press. Namun variabel yang paling kuat pengaruhnya terhadap volume penjualan adalah periklanan dilihat dari uji t yang nilainya paling tinggi yaitu 5,189. Uji asumsi klasik uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas tidak ditemukan masalah multikolinieritas dan heteroskedastisitas. Uji F nilai Fhitung sebesar 56,041 sedangkan Ftabel pada alpha 5% sebesar 2,84 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga secara bersama-sama variabel periklanan, promosi penjualan dan personal selling berpengaruh terhadap volume penjualan

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Periklanan, Promosi Penjualan, Personal Selling dan Volume Penjualan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 19 Jun 2009 06:03
Last Modified: 16 Nov 2010 19:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2853

Actions (login required)

View Item View Item