Kompetensi Profesionalisme Guru Pendidikan Kewarganegaraan Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan (Studi Kasus Guru PKn Di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta)

Yulianingrum, Kresti and , Danang Tunjung Laksono, S. Pd. M. Pd. (2014) Kompetensi Profesionalisme Guru Pendidikan Kewarganegaraan Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan (Studi Kasus Guru PKn Di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (892kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (205kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (646kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan kompetensi profesionalisme guru Pendidikan Kewarganegaraan ditinjau dari latar belakang pendidikan dan pelaksanaannya dalam pembelajaran di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Penelitian ini menggunakan sumber data kepala sekolah, guru Pendidikan Kewarganegaraan, guru mata pelajaran lain, dan siswa SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan mencatat dokumen atau arsip. Untuk validitas data menggunakan trianggulasi sumber data dan triangulasi teknik atau metode pengumpulan data. Metode penelitian ini, yaitu menggunakan teknik analisis interaktif. Analisis interaktif digunakan untuk membandingkan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ketiga guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta dapat dikatakan profesional, meskipun tidak semua memenuhi syarat yang ditentukan. Karena untuk menjadi profesional, guru harus memenuhi beberapa syarat. Syarat yang ditentukan terkait profesionalisme tersebut belum semuanya dipenuhi misalnya latar belakang pendidikan (kualifikasi akademik). 2) banyak usaha yang dilakukan oleh guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam meningkatkan profesionalitasnya, yaitu dengan penguasaan materi, penggunaan TIK, penguasaan metodologi dengan membuat PTK, mengembangkan diri dengan mengikuti MGMP, seminar, workshop, dan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat seperti bakti sosial. 3) dalam usaha guru Pendidikan Kewarganegaraan untuk meningkatkan kompetensi profesionalismenya, masing-masing menghadapi kendala, antara lain tidak menggunakan TIK, tidak melaksanakan PTK, tidak mengikuti seminar atau workshop. Beberapa kendala yang dihadapi, tidak menjadikan guru Pendidikan Pendidikan Kewarganegaraan untuk meningkatkan kompetensi profesionalisme

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Profesionalisme, Guru Pendidikan Kewarganegaraan, Latar Belakang Pendidikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Apr 2014 06:30
Last Modified: 18 Oct 2021 05:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28518

Actions (login required)

View Item View Item