Suprihatin, Suprihatin and , Drs. Suyahman, M.Si., M.H. (2014) Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Revitalisasi Gerakan Pramuka (Studi Kasus kegiatan Kepramukaan Kelas VII SMP Negeri 1 Trucuk Kabupaten Klaten 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (417kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf Download (144kB) |
|
PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
||
PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
||
PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (188kB) |
|
PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (205kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah, 1) Untuk medeskripkan apa yang dilakukan untuk merevitalisasi gerakan pramuka, 2) Untuk medeskripkan proses penguatan pendidikan karakter melalui revitalisasi gerakan pramuka di SMP Negeri 1 Trucuk Kabupaten Klaten. 3) Untuk medeskripkan kendala yang dihadapi sekolah dalam revitalisasi gerakan pramuka sebagai penguatan penddikan karakter di SMP Negeri 1 Trucuk Kabupaten Klaten. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mengkaji informasi tentang penguatan pendidikan karakter melalui revitalisasi gerakan pramuka siswa SMP Negeri 1 Trucuk, Kabupaten Klaten. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus, yang diharapkan mampu mengungkapkan dan memahami kenyataan-kenyataan yang terjadi secara intesif dan mendalam yang berkenaan dengan fenomena di atas. Teknik pengumpulan data dan informasi dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menujukan bahwa: 1) Model yang diterapkan untuk merevitalisasi kegiatan kepramukaan yaitu memantapkan penerapan metode kepramukaan. Meliputi pengamalan kode kehormatan pramuka, belajar sambil melakukan, sistem kelompok, kegiatan yang menantang dan meningkatkan kesadar siswa untuk menanamkan tri satya dan dasar dharma pramuka dilingkungannya setiap hari; Nilai karakter yang dikembangkan dalam kegiatan kepramukaan, yaitu, displin, tanggung jawab, peduli lingkungan dan peduli sosial; 2) Proses penguatan pendidikan karakter melalui revitalisasi gerakan pramuka di SMP Negeri 1 Trucuk Kabupaten Klaten Nilai karakter yang dikuatkan dalam kegiatan kepramukaan, yaitu displin, tanggung jawab, peduli lingkungan dan peduli social; 3) Hambatan-hambatan yang ada di dalam kegiatan kepramukaan dalam penguatan pendidikan karakter pada siswa yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu masalah SDM, meliputi: (a) Mabigus belum terlibat secara mendalam dan menyeluruh; (b) pembina pramuka yang laki-laki hanya satu pembina saja, karena tidak mempunyai bekal; (c) Ketrampilan pembina masih belum mencukupi dalam kegiatan pramuka; dan 4) Upaya-upaya yang dilakukan untuk menanggulangi kendala-kendala revitalisasi pramuka dalam penguatan pendidikan karakter yaitu dengan cara: (a) mengadakan rapat evaluasi; (b) musyawarah mufakat; (c) melakukan koordinasi antara anggota dengan Pembina. Untuk mengatasi siswa yang tidak mematuhi peraturan dengan cara memberikan sanksi; dan (d) dari pihak sekolah akan mecari pembina pramuka dari luar karena pembina pramuka didominan oleh prempuan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penguatan Pendidikan Karakter, Revitalisasi, Gerakan Pramuka, Revitalisasi Gerakan Pramuka. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 03 Apr 2014 11:11 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 05:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28505 |
Actions (login required)
View Item |