Novitasari, Indah Devi and , Dra. Sundari, SH. M.Hum, (2014) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Keberanian Siswa Untuk Bertanya Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Kasus di Kelas VII SMP Negeri 1 Gatak Tahun Pelajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (521kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (70kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (640kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (79kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (331kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendiskripsikan keberanian siswa untuk bertanya pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VII, 2) Menggambarkanupaya guru dalammeningkatkankeberaniansiswauntukbertanyapadapembelajaranPendidikanKewarganegaraan di kelas VII, 3) Mendiskripsikankendala yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan keberanian siswa untuk bertanya pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Strategi penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan dua macam trianggulasi. Pertama trianggulasi sumber data yang berupa informan dati tempat, peristiwa, dan dokumen. Kedua trianggulasi teknik atau metode pengumpulan data berasal dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian mengenai upaya guru dalam meningkatkan keberanian siswa untuk bertanya pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VII SMP Negeri 1 Gatak Tahun Pelajaran 2013/2014 dapat ditarik kesimpulan: 1) Keberanian siswa untuk bertanya, meliputi: siswa kurang antusias mengikuti pembelajaran, siswa tidak berani bertanya karena takut salah, ditertawakan, dan pertanyaan dianggap tidak masuk akal, tidak beranimengangkattanganuntukbertanya,gugup dan tidak berani menatap wajah orang yang ditanyai,kurang percaya diri, kurang motivasi dalam pembelajaran. 2) Upaya guru meningkatkan keberanian siswa untuk bertanya, meliputi: menciptakan suasana yang menyenangkan, memotivasi siswa untuk bertanya (memberikan nilai bagus, sanjungan, gerakan tubuh yang menggambarkan ungkapan senang, memberikan hadiah), memahami karakteristik siswa, menggunakan metode yang bervariasi. 3) Kendala yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan keberanian siswa untuk bertanya, meliputi:kurangnya kesiapan siswa untuk menerima pelajaran, kurangnya keterampilan siswa untuk bertanya, minat yang dimiliki siswa untuk bertanya,tekanan dari diri siswa, faktorlingkungan dansuasanabelajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | guru,Keberanian bertanya, pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 03 Apr 2014 09:26 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 02:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28503 |
Actions (login required)
View Item |