PENGARUH PENERAPAN METODE CANTOL RAUDHOH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK KELOMPOK B DI TK KELOMPOK BERMAIN BAITUL ILMI TIYARAN, BULU, SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Foster, Lokeswara and , Dr. Darsinah, S.E., M. Si (2014) PENGARUH PENERAPAN METODE CANTOL RAUDHOH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK KELOMPOK B DI TK KELOMPOK BERMAIN BAITUL ILMI TIYARAN, BULU, SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (12MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] PDF (Bab V)
bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA1.pdf

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf

Download (50MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_1.pdf

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Cantol Raudhoh terhadap kemampuan membaca anak kelompok B di KB Baitul Ilmi. Penelitian ini merupakan metode exsperiment dengan bentuk Pre experiment designs (non design) dengan one group prettest-posttest design. Subjek dalam penelitia ini adalah anak-anak kelompok B KB Baitul IlmiTiyaran, Bulu, Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji bedaanalisis ttest. Adapun hasil perhitungan dengan menggunakan program aplikasi komputer SPSS 16,0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan metode Cantol Raudhoh terhadap kemampuan membaca anak kelompok B KB Baitul IlmiTiyaran, Bulu, Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014.Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t bahwa nilai thitung (12,901) > ttabel (2,262), maka Ho ditolak. Nilai rata-rata kemampuan membaca setelah perlakuan mencapai 19,3636, lebih tinggi dibandingkan sebelum perlakuan yang hanya mencapai 11,9091. Perbedaan tersebut menunjukan bahwa pembelajaran metode Cantol Raudhoh berpengaruh terhadap kemampuan membaca pada anak TK.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca, Metode CantolRaudhoh
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 01 Apr 2014 12:07
Last Modified: 17 Oct 2021 07:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28476

Actions (login required)

View Item View Item