Foster, Lokeswara and , Dr. Darsinah, S.E., M. Si (2014) PENGARUH PENERAPAN METODE CANTOL RAUDHOH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK KELOMPOK B DI TK KELOMPOK BERMAIN BAITUL ILMI TIYARAN, BULU, SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf Download (12MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (160kB) |
|
PDF (Bab II)
bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
||
PDF (Bab III)
bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
||
PDF (Bab IV)
bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
||
PDF (Bab V)
bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA1.pdf Download (88kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Download (50MB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_1.pdf Download (8MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Cantol Raudhoh terhadap kemampuan membaca anak kelompok B di KB Baitul Ilmi. Penelitian ini merupakan metode exsperiment dengan bentuk Pre experiment designs (non design) dengan one group prettest-posttest design. Subjek dalam penelitia ini adalah anak-anak kelompok B KB Baitul IlmiTiyaran, Bulu, Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji bedaanalisis ttest. Adapun hasil perhitungan dengan menggunakan program aplikasi komputer SPSS 16,0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan metode Cantol Raudhoh terhadap kemampuan membaca anak kelompok B KB Baitul IlmiTiyaran, Bulu, Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014.Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t bahwa nilai thitung (12,901) > ttabel (2,262), maka Ho ditolak. Nilai rata-rata kemampuan membaca setelah perlakuan mencapai 19,3636, lebih tinggi dibandingkan sebelum perlakuan yang hanya mencapai 11,9091. Perbedaan tersebut menunjukan bahwa pembelajaran metode Cantol Raudhoh berpengaruh terhadap kemampuan membaca pada anak TK.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca, Metode CantolRaudhoh |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 01 Apr 2014 12:07 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 07:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28476 |
Actions (login required)
View Item |