Pengaruh Aktivitas Belajar Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri I Purwantoro Tahun Ajaran 2013/2014

Sari, Vitriana Nowita and , Drs. Sami'an, M.M (2014) Pengaruh Aktivitas Belajar Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri I Purwantoro Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (534kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri I Purwantoro tahun ajaran 2013/2014. 2) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap pretasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri I Purwantoro tahun ajaran 2013/2014. 3) Untuk mengetahui pengaruh aktivitas belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri I Purwantoro tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri I Purwantoro yang berjumlah 183 siswa. Sampel diambil sebanyak 123 siswa. Data yang diperlukan diperolah melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2 , dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan garis regresi: Y = 49,230 + 0,450X1 + 0,306X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh aktivitas belajar dan lingkungan sekolah. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) “Ada pengaruh aktivitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri I Purwantoro” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 5,099 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 16,1 %. 2) “Ada pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri I Purwantoro” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui thitung > ttabel yaitu 3,269 > 1,980 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,001 dengan sumbangan efektif sebesar 5,9 %. 3) “Ada pengaruh aktivitas belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri I Purwantoro” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier berganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 16,957 > 3,070 dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 4) Hail uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,220 menunjukkan bahwa besarnya aktivitas belajar dan lingkungan sekolah secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri I Purwantoro adalah sebesar 22%, sedangkan 78% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Lingkungan Sekolah dan Prestasi Belajar Ekonomi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2014 08:07
Last Modified: 19 Oct 2021 02:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28466

Actions (login required)

View Item View Item