Rozi, Rofa Fakhrur and , Dra. Wafrotur Rohmah SE. MM. (2014) Kemandirian Belajar Ditinjau Dari Lingkungan Belajar Dan Keikutsertaan Siswa Dalam Organisasi Sekolah Pada Siswa SMK Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN_SKRIPSI.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (35kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh lingkungan belajar terhadap kemandirian belajar pada siswa SMK Negeri 1 Banyudono tahun ajaran 2013/2014. 2) Pengaruh keikutsertaan siswa dalam organisasi sekolah terhadap kemandirian belajar pada siswa SMK Negeri 1 Banyudono tahun ajaran 2013/2014. 3) Pengaruh lingkungan belajar dan keikutsertaan siswa dalam organisasi sekolah terhadap kemandirian belajar pada siswa SMK Negeri 1 Banyudono tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunkan adalah kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti organisasi yang berjumlah 96 siswa dengan sampel 75 siswa yang diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, uji F, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil dari analisis data diperoleh persamaan garis linier Y=17,884+0,423X1+0,234X2. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: 1) Ada pengaruh antara lingkungan belajar terhadap kemandirian belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung > ttabel yaitu 4,386 > 1,993 (α = 5%) dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,000; 2) Ada pengaruh antara keikutsertaan siswa dalam organisasi sekolah terhadap kemandirian belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung > ttabel yaitu 2,984 > 1,993 (α = 5%) dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,004; 3) Ada pengaruh antara lingkungan belajar dan keikutsertaan siswa dalam organisasi sekolah terhadap kemandirian belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 16,972 > 3,124 dengan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,000; 4) Variabel lingkungan belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 65,7% dan sumbangan efektif sebesar 21,1%, variabel keikutsertaan siswa dalam organisasi sekolah memberikan sumbangan relatif sebesar 34,3% dan sumbangan efektif sebesar 10,9%. Hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh 0,320 yang berarti 32% kemandirian belajar dipengaruhi oleh lingkungan belajar dan keikutsertaan dalam organisasi sisanya sebesar 68% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian Belajar, Lingkungan Belajar, Keikutsertaan Siswa Dalam Organisasi Sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 28 Mar 2014 06:49 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 02:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28460 |
Actions (login required)
View Item |